Kevin/Marcus: Ganda Putra Bulutangkis Andalan Indonesia

Image result for turnamen yang buat kevin/marcus juara

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon merupakan ganda putra asal Indonesia yang sedang menjadi buah bibir. Betapa tidak, Kevin/Marcus dalam tahun 2017, mereka mencatat rekor fantastis dengan meraih hattrick juara di tiga turnamen secara beruntun.

Semenjak dipasangkan tahun 2015, mereka sering menjadi juara di level Super Series. Puncaknya pada tahun ini, mereka di juara di turnamen All England 2017 dan India Open 2017, Kevin/Marcus melanjutkan performa gemilangnya dengan menyabet juara di Malaysia Open Super Series Premier 2017. Tambahan gelar dari Jepang Open dan China Super Series Premier membuat koleksi gelar mereka tahun ini jadi lima.

Kevin Sanjaya Sukamuljo

Kevin Sanjaya Sukamuljo atau yang lebih akrab dipanggil Kevin lahir di Banyuwangi, 2 Agustus 1995.Kevin ini merupakan pemain asal klub Djarum di Kudus, Jawa Tengah yang bergabung sejak tahun 2007. Bersama dengan rekan-rekan pemain beregu putra lainnya, ia berhasil menyumbangkan medali emas pada Pesta Olahraga Asia Tenggara 2015.

Sebelum berpasangan dengan Marcus Fernaldi Gideon, Kevin pernah berpasangan dengan beberapa atlet lainnya seperti Alfian Eko Prasetya, Arya Maulana Aldiartama dan lain-lain.

Kevin pernah berprestasi di ajang-ajang bulu tangkis Internasional seperti, Kejuaraan Junior BWF, Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia, BWF Superseries, BWF Grand Prix, dan BWF International Challenge/Series.

Marcus Fernaldi Gideon

Marcus Fernaldi Gideon atau yang biasa dipanggil “sinyo” seorang pemain bulu tangkis Ganda Putra Indonesia kelahiran Jakarta, 9 Maret 1991.

Sebelum berpasangan dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo, ia pebulu tangkis yang sempat berpasangan dengan Markis Kido pada ganda putra dan berpasangan dengan Rizki Amelia Pradipta pada ganda campuran.

Performa mereka sempat menurun di pertengahan tahun, termasuk saat kalah di babak awal Indonesia Terbuka. Namun dalam beberapa turnamen terakhir, penampilan mereka kembali konsisten dengan selalu hadir di babak akhir turnamen.

Menurut pelatihnya, Herry IP, tipe mereka adalah bermain attack, menyerang. Saat Kevin di depan, ia tampil menyerang dengan kecepatan tinggi, sementara di belakang Marcus bagus di pertahanan. Paduan speed (kecepatan) dan defence (pertahanan) yang tangguh ini sangat efektif meraih poin. Lawan akan dibuat repot dan jika tidak dalam kondisi puncak, lawan akan kedodoran, gugup, dan sering membuat kesalahan sendiri. Selain itu, Kevin/Marcus juga pintar membaca permainan dan tak gampang menyerah.Tenang, sabar, dan tak terburu-buru. Itu kunci kemenangan mereka.

Jadi, tidak heran kalau mereka saat ini merupakan ganda putra andalan Indonesia setelah era-nya Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Ditambah lagi dengan mereka dengan usia yang masih muda dapat menduduki peringkat 1 BWF.

Leave a comment