Mengenal Developer Game “Konami”

Konami, kalau dilihat dari namanya pasti ada hubungannya dengan Jepang..Yappp Konami merupakan developer game berbagai permainan populer, kartu permainan, mesin ding-dong/arcade, anime, tokusatsu, mesin slot, dan permainan video. Perusahaan ini didirikan tahun 1969 di Osaka, Jepang oleh Kagemasa Kōzuki.

Beberapa perangkat lunak permainan videonya yang terkenal adalah Metal Gear Solid di playstation, Dance-dance Revolution, seri Suikoden, Castlevania, Contra dan permainan sepak bola Winning Eleven. Pada bulan Februari 2003, Konami mengganti logo lama yang telah dipakai 17 tahun dengan logo baru.

Berikut sebagian games yang telah dirilis oleh Konami;

  1. Suikoden
  2. Castlevania
  3. Dance-dance revolution
  4. Yu-gi-oh
  5. Contra
  6. Metal Gear Solid
  7. Teenage Mutant Ninja Turtles
  8. Winning Eleven
  9. Gradius
  10. Silent Hill

Konami berdiri pada tanggal 21 Maret 1969 oleh Kagemasa Kozuki. Perusahaan ini merupakan sebuah bisnis rental/perbaikan gramophon otomatis di Toyonaka, Osaka.

Konami mengubah perusahaan mereka dari rental gramophon menjadi pembuat mesin arcade pada tanggal 19 Maret 1973. Mereka baru bisa meraup kesuksesan pada tahun 1981 dengan permainan Frogger, Scramble dan Super Cobra.

Pada Oktober 1982, Konami mulai mengembangkan dan menjual permainan komputer dan pada November 1982, Konami of America, inc. dibuat di Torrance, California. Pada April 1985, Konami mulai mengembangkan dan menjual permainan untuk Famicom dan NES. Banyak permainan NES/Famicom menjadi permainan yang sangat terkenal, Contohnya adalah Gradius, Castlevania, Contra, dan Metal Gear.

Singkat cerita, pada tahun 2003 Konami menutup divisi arkade karena mengalami kerugian besar. Juga pada tahun itu, Konami bekerja sama dengan perusahaan produksi film Jepang, Toho Company, Ltd dalam menciptakan genre mereka sendiri dari seri tokusatsu TV, dikenal sebagai Seri Chouseishin, dalam upaya untuk meniru dan menyaingi keberhasilan Toei’s genre Super Sentai. Setalah 17 tahun lamanya tidak menrubah logo, akhirnya pada bulan Februari, Konami mulai memamerkan logo barunya.

Leave a comment