Aplikasi Plasebo: Jenis dan Contoh

Kata plasebo merupakan serapan dari istilah Inggris Placebo. Istilah placebo itupun diambil dari bahasa latin yang berarti “I shall please” (saya akan senang). Istilah plasebo ini sendiri populer digunakan dalam dunia medis atau kesehatan berupa obat ataupun terapi dan tindakan medis. Adapun makna istilah plasebo adalah sebagai obat palsu yang sebenarnya tidak memiliki kandungan obat sesungguhnya. Hanya saja pemberian obat plasebo “diharapkan” akan memberikan efek positif terhadap kesembuhan. Jadi efek plasebo sebenarnya hanya penguatan pengaruh sugesti pikiran saja. Karena keyakinan dan pikiran positif mampu menciptakan atau menghilangkan gejala penyakit dan rasa sakit itu sendiri.

Jenis-jenis Aplikasi Plasebo dan Contohnya

Berdasarkan pengertian aplikasi plasebo di atas, saya yakin Andapun pasti pernah menemukan aplikasi semacam itu. Tidak jarang banyak orang yang termakan iklan dengan aplikasi yang katanya mampu meningkatkan performa android, menghemat baterai, menambah memory RAM, dan sebagainya. Padahal aplikasi tersebut secara teknis dan ilmiah sebenarnya hanya memberi efek plasebo saja. Beberapa jenis aplikasi plasebo dan contohnya dapat saya kelompokkan sebagai berikut:

  • Memory RAM Booster
  • Android Task Killer / Task Manager, sama saja sebenarnya dengan memory booster di atas. Contoh aplikasi plasebonya Advanced Task Killer, Super Task Killer, Clean Master, GO Cleaner & Task Manager.
  • Aplikasi penghemat baterai.
  • Aplikasi kalibrasi baterai. Kalibrasi baterai berfungsi untuk mengukur keakuratan indikator kapasitas baterai. Misalkan kapasitas awal baterai adalah 1000 mAh = 100%, fakta sesungguhnya kapasitas baterai akan berkurang katakanlah sekarang 900 mAh = 100%. Dampaknya, jangan heran jika penurunan hitungan prosentase menurun lebih cepat, itu tidak lain karena kapasitasnya yang berkurang.
  • Aplikasi X-Ray scanner (Pemindai Sinar X). Meskipun Samsung dan Apple bersaing ketat mendandani gadgetnya, tapi tipe kamera yang digunakan masih sangat jauh untuk menyamai pemindai sinar X. Meskipun itu bukanlah hal yang mustahil, tapi itu belum feasible untuk sekarang.
  • Aplikasi Pendeteksi Kebohongan (Lie Detector).
  • Internet Booster. Yang paling bisa menjanjikan internet cepat adalah provider internet, tak peduli canggihnya 4G ponsel Anda. Adapun yang dijanjikan oleh aplikasi internet booster hanyalah optimasi ponsel untuk fokus pada proses download dan upload.
  • Aplikasi Shake to charge.

Leave a comment